Powered By Blogger

Sabtu, 03 September 2011

Otomotif...?


Kaum muda, terutama pria, lebih menyukai mobil-mobil eksotis yang mengumbar aura kejantanan seperti sedan cepat atau jip yang gagah. Hatchback bagi kebanyakan orang bukanlah pilihan yang menarik. Tetapi kondisi ekonomi terakhir khususnya dikaitkan dengan meroketnya harga bahan bakar, hatchback yang ekonomis merupakan pilihan yang rasional. Perubahan ini tentu saja dengan sigap disikapi pabrikan.

Sayangnya meningkatnya popuparitas hatchback tidak serta merta membantu GM untuk memasarkan Chevrolet Aveo yang selama ini memang kurang menggembirakan. Dengan menghadirkan konsep RS dalam pameran pera designer berharap dapat memberi kesegaran sekaligus daya tarik. RS tampil lebih panjang, lebih lebar, dan lebih lega dari versi Aveo yang beredar saat ini. Aveo RS menyuguhkan tampilan kelas atas baik pada interior maupun eksteriornya. Selain itu akan disediakan pula berbagai opsi personalisasi.

Aveo RS menggendong mesin Ecotec 1.4 liter yang sangat efisien. Dengan turbocharger mesin imut itu bisa melecut tenaga 138dk. Untuk meladeni gairah para penggemar kecepatan disediakan transmisi manual 6 percepatan.

Ciri khas Chevrolet tidak ditinggalkan dalam design Aveo generasi baru ini, termasuk gril dengan dua element, lampu belakang membulat, dan sirip fender. Tetapi para designer mengubah bentuk moncong menjadi lebih rendah dan dikombinasikan dengan polished alloy. Fog lamp diintegrasikan dengan lubang udara pendingin rem yang mengarah pada sirip fender sehingga memberi kesan agresif.

Lampu utama yang dikelilingi struktur berbahan brushed alloy diakui para designer sebagai inspirasi dari sepeda motor. Profil samping yang cantik dihasilkan dari garis bodi yang menyatu dari beltline yang tinggi dan roofline yang rendah. Spion yang dilengkapi lampu sein memiliki bentuk yang senada dengan kontur bodi sehingga tampak menyatu.

Mewakili rasa kompetisi, Aveo RS dilengkapi ban besar berukuran 19 inci dengan bentuk palang 5 berbahan alumunium dengan sentuhan gun metallic. Lobang-lobang yang menganga di antara palang velg memunculkan kaliper rem sehingga mendongkrak aura kecepatan. Tema sporty berlanjut sampai ke buritan yang dilengkapi spoiler yang menyatu dengan atap dan lubang knalpot yang diletakan di tengah.

Interior tidak kalah menarik dengan dominasi warna hitam doff dengan aksen hitam menkilap dan bagian-bagian tertentu sewarna body seperti benang penjahit bahan jok, panel instrumen, pintu-pintu, roda kemudi, cover pangkal tuas versneling, rem tangan, bantalan kursi, bahkan karpet. Di kolom tengah selain tuas versneling terdapat pengendali HVAC dan sound system dengan port USB. Inspirasi sepeda motor menyeruak sampai ke dalam kabin dengan bentuk bulat pada tachometer sampai lubang ventilasi udara.

Selain artistik interior juga sangat fungsional dengan berbagai kompartemen penyimpanan termasuk pada kolom tengah dan panel pintu. Jok belakan dapat dilipat sampai rata dengan lantai untuk memberikan ruang bagasi yang lega jika diperlukan.

Produksi masal pertama diperkirakan akan muncul pada awal tahun 2011.

(sumber : http://hobiku.net/2010/01/19/chevrolet-aveo-rs/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar